SubhanAllah, Ternyata Ini Hikmah Di Balik Sholat Yang Khusyuk


Allah SWT berfirman: "Beruntunglah orang­orang yang beriman yaitu orang yang khusyuk dalam sholatnya dan yang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tiada berguna." (QS. Al Mukminun: 1­3). 

Sholat adalah kewajiban bagi semua orang mu'min yang telah Ketika sholat kita bisa mencurahkan semua isi hati dan mendekatkan diri kepada Allah. 

Kemudian setelah kembali lagi ke alam nyata hendaknya mampu mengamalkan nilai yang didapat dari shalat yakni banyak berbuat kebaikan. Inilah makna sesungguhnya dari Sholat Yang Khusyuk. 

Rasulullah SAW bersabda: "Ilmu yang pertama kali diangkat dari muka bumi ialah kekhusyuan." (HR. AtTabrani ). 

Ini mengadung pesan bahwa sholat seharusnya mampu membawa perbaikan kualitas hidup kita, yakni memiliki iman dan mampu khusyuk dalam sholat.

Lantas apa hikmah sholat yang bisa kita dapatkan? 

1. Allah SWT mengingatkan kita lima kali sehari tentang waktu. Orang yang khusyuk dalam shalatnya dapat dilihat dari sikapnya yang efektif menggunakan waktu. Ia tidak mau waktunya berlalu sia­sia, karena ia yakin bahwa waktu adalah nikmat terbesar yang diberikan Allah. 

2. Kebersihan. Tidak akan pernah diterima sholat seseorang apabila tidak diawali dengan bersuci sehingga ia akan selalu berpikir bagaimana lahir batinnya bisa selalu bersih.Mulai dari lahir yakni rumah harus bersih. Bersih dari sampah, dari kotoran, dan bersih dari barang­barang milik orang lain. Sikap pun harus bersih. Mata, telinga, dan juga lisan harus bersih dari maksiat dan hal­hal yang tak berguna. Yang terpenting pikiran dan hati kita harus bersih. Bersihnya hati akan memunculkan kepekaan terhadap setiap titik dosa,inilah awal dari kesuksesan. 

3. Sebelum sholat kita harus meluruskan niat. Diterima tidaknya sebuh ibadah dipengaruhi oleh niat. Seorang yang sholatnya khusyu akan selalu menjaga niat dalam setiap perbuatan yang dilakukannya. Ia yakin bahwa Allah hanya akan menerima amal yang ikhlas,cirinya ia jarang kecewa dalam hidupnya. Dipuji dicaci, kaya miskin, dilihat tidak dilihat, tidak akan berpengaruh pada dirinya, karena semua yang dilakukan hanya untuk Allah. 

4. Cinta keteraturan. Sholat mengajarkan kepada kita bahwa kesuksesan hanya milik orang yang mau teratur dalam hidupnya. Orang yang sholatnya khusyuk dapat dilihat bagaimana ia bisa tertib, teratur dalam hidupnya. 

5. Tuma'ninah. Tuma'ninah mengandung arti tenang, konsentrasi, dan memahami apa yang dilakukan. Sholat melatih kita memiliki ritme hidup yang indah, di mana setiap episode dinikmati dengan baik. Hak istirahat dipenuhi, hak keluarga, hak pikiran dipenuhi dengan sebaiknya. 

6. Sholat memiliki gerakan yang dinamis. Ketika sujud kepala dan kaki sama kedudukannya.Bahkan setiap orang sama derajatnya ketika shalat. Ini mengandung hikmah bahwa dalam hidup harus tawadhu(rendah hati). Ketawadhuan adalah cerminan kesuksesan mengendalikan diri, mengenal Allah, dan mengenal hakikat hidupnya. Kesuksesan seorang yang shalat dapat dilihat dari kesantunan, keramahan, dan kerendahan hatinya,salah satu cirinya ia tidak melihat orang lain lebih rendah daripada dirinya. 

7. Salam. Sholat selalu diakhiri dengan salam, yang merupakan sebuah do’a semoga Allah memberikan keselamatan, rahmat, dan keberkahan bagimu. Ucapan salam ketika sholat mengajarkan kepada kita agar tidak berbuat zalim pada orang lain,karena setiap kali berbuat zalim, maka kezaliman itu akan kembali pada diri kita. 

SubhanAllah, Semoga bermanfaat bagi kita semua, silahkan dibagikan, Insya Allah berpahala, Aamiin.
Bagikan dengan cara klik tombol Facebook, twitter, Goggle+, Pinterest, Blogger, Email dibawah ini  :

Related Posts:

0 Response to "SubhanAllah, Ternyata Ini Hikmah Di Balik Sholat Yang Khusyuk"

Posting Komentar