Subhanallah, Membaca Quran Membuat Kesehatan Anda Lebih Baik




UMAT muslim memiliki petunjuk dan pedoman untuk menjalankan kehidupannya. Ada dua peninggalan Rasulullah SAW yang tidak bisa terlepas dari jiwa umat Muslim, yakni Al-Quran dan as-Sunnah. 


UMAT muslim memiliki petunjuk dan pedoman untuk menjalankan kehidupannya. Ada dua peninggalan Rasulullah SAW yang tidak bisa terlepas dari jiwa umat Muslim, yakni Al-Quran dan as-Sunnah. Nah, dari kedua itu tentu yang menjadi rujukan pertama ialah Al-Quranul Karim. Sebab, Al-Quran langsung berasal dari Allah SWT.

Sebagai umat Muslim membaca Al-Quran sudah menjadi keharusan. Sebab, di dalam Al-Quran terdapat petunjuk ke jalan kebenaran, dan kita tidak akan mengetahuinya jika tidak membacanya. Tahukah Anda, membaca Al-Quran selain bernilai pahala, juga mengandun kesehatan yang baik bagi diri kita lho!

Banyak penelitian yang sudah dilakukan untuk membuktikannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, membaca Al-Quran dapat menurunkan tingkat kesedihan dan menghindarkan depresi serta memberikan ketenangan jiwa.

Selain itu, membaca Al-Quran dengan cara yang benar (tartil), ternyata memberikan pengaruh yang signifikan terhadap fungsi paru-paru dan tekanan darah. Membaca Al-Quran mempunyai aturan main tersendiri (ilmu tajwid) yang melibatkan pengaturan pernapasan sehingga berpotensi untuk meningkatkan nilai fungsi paru dan mencegah peningkatan tekanan darah arteri rata-rata (MAP/ Mean Arterial Pressure).


Manfaat penting lain dalam bidang kesehatan dengan membaca Al-Quran yaitu memberikan dampak bagi pembacanya menjadi sehat mental. Sehat mental ini dilihat dari beberapa aspek yaitu aspek simptomatis (keluhan kecemasan dan gejalanya), aspek penyesuaian diri, aspek pengembangan diri (disiplin, bertanggung jawab, optimis, realistis, kreatif) dan aspek religius.

Ternyata orang yang sering membaca Al-Quran memberikan pengaruh yang sangat besar untuk kesemua aspek tersebut. Terhadap masalah kejiwaan lainnya, ternyata Al-Quran memberikan pengaruh terhadap kecerdasan emosi seseorang, sehingga semakin banyak membaca Al-Quran maka akan meningkatkan kecerdasan otak pula dan dampaknya secara luas bisa terlihat dari prestasi yang diraih oleh orang yang mengamalkannya.

Tidak hanya yang membaca saja yang bakal mendapat manfaat, bagi orang di sekitarnya yang ikut mendengarkan pun terkena imbas positifnya. Bahkan terbukti, jika seseorang yang hanya mendengarkan bacaan Al-Quran bisa mendapatkan ketenangan batin dan jiwanya. Tentu, ketenangan batin dan jiwa ini mempunyai dampak yang sangat luas terhadap kesehatan jiwa seseorang.

So, tunggu apalagi, yuk kita perbanyak meluangkan waktu untuk membaca Al-Quran! []

Referensi: Tau Gak Sih Islam Itu Sehat?/Karya: Dr. Faza Khilwan Amna, MMR dan Dr. Hendri Okarisman/Penerbit: Aqwamedika
Bagikan dengan cara klik tombol Facebook, twitter, Goggle+, Pinterest, Blogger, Email dibawah ini  :

Related Posts:

0 Response to " Subhanallah, Membaca Quran Membuat Kesehatan Anda Lebih Baik"

Posting Komentar