Subhanaallah, Inilah Masjid yang Bahan Bangunannya Di Pikul Sendiri Oleh Baginda Rasulullah SAW..+ Video



Di kota Madinah ada banyak tempat bersejarah yang penting untuk diziarahi. Salah satunya adalahMasjid Quba. Inilah masjid yang batu batanya dipikul sendiri oleh Nabi Muhammad SAW. 

Masjid Quba terletak di perkampungan Quba, kira-kira 3 km. dari arah selatan Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA). Mengunjungi masjid ini, dari kejauhan akan terlihat empat menara putih tinggi menjulang. Setelah dekat terlihat pohon kurma mengelilingi masjid. 

Masjid Quba berbeda dengan masjid-masjid lainnya di Madinah. Masjid Nabawi dan masjid yang lain di Madinah hampir tidak memiliki taman depan yang ditumbuhi tanaman. 

Tetapi Masjid Quba mempunyai taman depan dan belakang dengan pohon-pohon kurma yang rindang. Di depan masjid bahkan ada air mancur. Masjid ini berdiri diatas tanah 


seluas 5. 035 mtr. persegi. 

Quba selalu jadi tujuan wisata ziarah para jemaah haji, tidak heran bila 
masjid ini selalu padat. Ada satu kisah Nabi Muhammad SAW menyatakan, apabila mengunjungi Masjid

Quba untuk salat pahalanya sama dengan melakukan ibadah umrah. Kisah itu hingga saat ini masih tertempel di dinding luar Masjid Quba. 


Masjid Quba dibangun pada hari Senin, 8 Rabiul Awal atau 23 September 622 Masehi. Saat itu Nabi 
dalam perjalanan pindah dari Mekah menuju Madinah. Dalam perjalanan hijrahnya Nabi yang tiba di perkampungan Quba singgah selama 4 hari bersama Bani Amru bin Auf dirumah Kalthum bin Al Hadm. 


Di hari pertama saat tinggalnya di perkampungan Quba, Nabi bangun masjid. Berikut masjid pertama yang dibangun suri tauladan umat Islam itu. Seperti diriwayatkan As-Syimus binti An Nu'man, waktu itu Nabi memikul batubata sendiri sampai bungkuk badannya. 


Tubuh Nabi waktu itu hingga penuh debu dan pasir. Namun Nabi tidak mau para sahabat mengambil beban yang dibawanya. Ia memohon beberapa sahabat supaya membawa bahan-bahan bangunan yang lain. Sesudah membangun masjid, Nabi mengimami salat secara terbuka bersama beberapa sahabat di Masjid Quba. 

Semasa hidupnya, Nabi senantiasa pergi ke Masjid Quba setiap hari Sabtu, Senin dan Kamis. Sesudah Nabi wafat, beberapa sahabat selalu menziarahi masjid ini dan melakukan salat di dalamnya.


Bagikan dengan cara klik tombol Facebook, twitter, Goggle+, Pinterest, Blogger, Email dibawah ini  :

Related Posts:

0 Response to "Subhanaallah, Inilah Masjid yang Bahan Bangunannya Di Pikul Sendiri Oleh Baginda Rasulullah SAW..+ Video"

Posting Komentar